Persiapan Pemrograman Python di Windows

Persiapan Pemrograman Python di Windows

Hal-hal yang harus disiapkan untuk pemrograman Python di Windows cukup mudah sekali. Kita hanya perlu mengunduh Python dan memasangnya seperti biasa. Namun saat di tengah proses instalasi, kita harus mengkofigurasinya agar Python bisa dideteksi oleh CMD sehingga bisa digunakan untuk memulai pemrograman Python.

Persiapan Belajar Pemrograman Python

Sebelum belajar bahasa pemrograman Python, kita harus menyiapkan beberapa alat terlebih dahulu antara lain:

  • Python: Interpreter yang menerjemahkan bahasa python ke bahasa mesin, sehingga program bisa dijalankan.
  • Text Editor: Program yang digunakan untuk menulis kode. Pada tutorial kali ini, kita akan menggunakan Visual Studio Code sebagai text editornya karena sangat mudah untuk digunakan bagi pemula.

Tahapan Instalasi Python di Windows

1. Silakan kalian unduh terlebih dahulu program Python nya di situs resminya. Akan ada dua versi, yaitu 32 bit dan 64 bit. Kalian sesuaikan saja dengan arsitektur komputer atau laptop kalian.

2. Setelah mengunduhnya, kita akan mulai proses instalasinya dengan mengklik kanan filenya lalu menjalankannya sebagai Admistrator (Run as administrator)

3. Setelah itu kalian harus centang Add Python to PATH agar Python bisa dideteksi oleh CMD. Kemudian tekan Install Now.

4. Tunggu prosesnya sampai selesai.

5. Setelah proses instalasi selesai, kalian bisa mengecek apakah Python sudah terkonfigurasi dan terdeteksi oleh CMD seperti ini. Jika tidak ada error dan menampilkan versi Python yang terinstall seperti gambar di bawah maka Python nya sudah terkonfigurasi dan terdeteksi dengan benar.

Tahapan Instalasi Visual Studio Code di Windows

1. Unduh terlebih dahulu Visual Studio Code nya melalui situs resminya.

2. Setelah diunduh, kalian jalankan file instalasinya sebagai administrator (Run as administrator) dengan cara mengklik kanan filenya.

3. Saat proses instalasi sampai di sini, centang semuanya lalu tekan Next.

4. Tunggu proses instalasinya sampai selesai.

5. Setelah selesai, kita akan mengkofigurasi Visual Studio Code nya agar bisa digunakan untuk pemrograman Python dengan cara memasang ekstensi Python.

Memasang Ekstensi Python di Visual Studio Code

1. Buka Visual Studio Code terlebih dahulu.

2. Setelah itu ke menu Ekstensi dan cari ekstensi bernama Python.

3. Pilih Python, kemudian tekan Install.

4. Sekarang kalian sudah bisa memulai pemrograman Python dengan Visual Studio Code.

Membuat Proyek Baru di Visual Studio Code

1. Kalian bisa membuat proyek baru dengan cara menekan New File. Kemudian memberikan nama file tersebut, pastikan ekstensi filenya [.py]. Di sini contohnya kita akan membuat file dengan nama hello.py.

2. Setelah itu kalian bisa masukkan kode print('hello Learner') dan kemudian menjalankannya dengan cara menekan tombol run di pojok kanan atas. Hasilnya akan seperti ini.

3. Jika hasilnya sama dengan gambar di atas, artinya program Python pertama kalian berhasil dijalankan dan dieksekusi. Sekarang kalian sudah bisa memulai membuat program dengan Visual Studio Code menggunakan bahasa pemrograman Python.

Penutup

Segitu dulu tutorial kita pada kali ini, jika ada hal yang tidak dimengerti silakan berkomentar di bawah.

Setelah persiapannya sudah siap, kalian bisa lanjut mempelajari sintaks-sintaks Python di sini.