Pengenalan Bahasa Pemrograman Python untuk Pemula

Python merupakan salah satu bahasa pemrograman yang sangat diminati dan populer karena dirasa cukup mudah untuk dipelajari dan kegunaannya pun sangat banyak. Oleh karena itu banyak sekali platform atau lembaga yang menyediakan belajar Python pemula baik pembelajaran secara bimbingan langsung maupun tidak langsung.

Pada era transformasi digital kini kita dapat belajar dimana saja dan kapan saja. Terdapat banyak video pembelajaran atau materi-materi yang diberikan secara gratis maupun berbayar. Pada artikel kali ini kita akan mengenali apa itu bahasa pemrograman Python secara mendasar.

Apa itu Python?

Python merupakan salah satu bahasa pemrograman yang dibuat oleh Guido van Rossum dan dirilis pada tahun 1991 dan banyak digunakan untuk membuat berbagai macam program seperti program CLI, Program GUI (desktop), Aplikasi Mobile, Web, IoT, Game, Program untuk Hacking, dan sebagainya. Bahkan bahasa pemrograman ini telah diterapkan oleh programmer-programmer dari perusahaan-perusahaan besar seperti Google, YouTube, Netflix, Spotify, Dropbox dan lain-lain.

Python juga dikenal sebagai bahasa pemrograman yang mudah dipelajari karena struktur sintaknya mudah dipahami. Apalagi untuk kalian yang belum pernah sama sekali mempelajari bahasa pemrograman, Python merupakan salah satu pilihan yang cocok bagi kalian untuk dipelajari.

Persiapan Belajar Pemrograman Python

Sebelum belajar bahasa pemrograman Python, kita harus menyiapkan beberapa alat terlebih dahulu antara lain:

  • Python: Interpreter yang menerjemahkan bahasa python ke bahasa mesin, sehingga program bisa dijalankan.
  • Text Editor: Program yang digunakan untuk menulis kode.

Bagaimana cara menginstall Python?

Bagi pengguna Windows caranya cukup mudah, yaitu dengan mengunduh Python versi terbaru dari situs resminya dan langsung menginstalnya. Setelah program terinstal, kita langsung bisa menggunakannya.

Lebih lengkapnya kalian bisa baca di Persiapan Pemrograman Python di Windows.

Bagi pengguna Linux kalian tidak perlu menginstallnya karena sebagian besar distro Linux sudah menyediakannya secara bawaan. kalian bisa mengeceknya dengan mengetik python --version di terminal.

$ python --version
Python 2.7.16

Text Editor seperti apa yang diperlukan?

Text Editor apapun bisa kalian gunakan untuk menulis program Python. Bahkan termasuk Notepad sekalipun.

Ada banyak sekali Text Editor yang bertebaran saat ini dan semuanya punya kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Khusus untuk pemrograman Python, saya menyarankan kalian untuk menggunakan Visual Studio Code karena penggunaannya sangat mudah.

Untuk penjelasan mengenai Cara Setting Visual Studio Code dengan Python nanti akan saya jelaskan di Persiapan Pemrograman Python di Windows.

Mengenal Mode Interaktif Python

Mode Interaktif Python merupakan mode yang disediakan oleh Python untuk menuliskan kode secara interaktif. Fitur ini dikenal sebagai shell, console, dan sebagainya.

Kita bisa menggunakan mode interaktif ini untuk:

  • Uji coba suatu fungsi
  • Eksperimen modul tertentu
  • Kalkulator
  • Mencari bantuan tentang fungsi tertentu
  • Dan lain-lain

Selain itu kita bisa menggunakan mode interaktif ini mencari bantuan, misalnya:

Fungsi dir(), fungsi yang bisa digunakan melihat apa saja yang tersedia dalam sebuah modul. Contoh: dir(math) untuk melihat modul dalam fungsi math.

Fungsi help(), fungsi yang digunakan untuk melihat documentasi suatu fungsi. Contoh: help(math.pow) untuk melihat dokumentasi perpangkatan

Penutup

Baiklah, sekian dulu Pengenalan Bahasa Pemrograman Python untuk Pemula. Jika ada hal yang ingin ditanyakan silakan berkomentar saja di bawah.

Untuk selanjutnya kita akan membahas tentang Persiapan Pemrograman Python di Windows.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.